Beranda | Artikel
Ihsan kepada Kerabat dan Pasangan Hidup - Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)
Senin, 21 September 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Ringkasan Ceramah Agama: Aktualisasi Akhlak Muslim

Ihsan kepada Kerabat dan Pasangan Hidup

Allah dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan setiap muslim untuk senantiasa berbuat ihsan kepada kerabat dan bersikap lemah lembut kepada mereka.

Di antara bentuk ihsan tersebut adalah dengan menyambung tali silaturahmi dengan mereka, dan ia bisa diwujudkan melalui banyak cara seperti mencintai mereka, menanyakan keadaan mereka, membimbing mereka hingga menggapai ridhaNya, memaafkan kesalahan mereka, dan membalas kejahatan mereka -apabila ada- dengan kebaikan.

Banyak sekali dalil dari Al-Quran dan As-Sunnah yang menjelaskan keutamaan berlaku ihsan dan berlemah lembut kepada kerabat. Terlebih lagi bersilaturahmi dengan mereka. Allah Ta’ala berfirman:

وَاتَّقُواْ اللّهَ الَّذِي تَسَاءلُونَ بِهِ وَالأَرْحَامَ إِنَّ اللّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيباً

“Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (QS An-Nisa [4]: 1)

Kemudian, syariat Islam yang mulia dan agung juga menekankan betapa pentingnya berbuat ihsan serta berlemah lembut kepada pasangan hidup. Maka suami wajib memperlakukan istri dan anak-anaknya dengan ihsan, yaitu berupaya menyayangi dan membahagiakan mereka.

Allah Ta’ala berfirman:

وَعَاشِرُوهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ

Bagaimana penjelasan selengkapnya mengenai “Ihsan kepada Kerabat dan Pasangan Hidup” ini? Download segera dan simak ceramah agama ini. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah Agama: Ihsan kepada Kerabat dan Pasangan Hidup

Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/16074-ihsan-kepada-kerabat-dan-pasangan-hidup-aktualisasi-akhlak-muslim-ustadz-abu-ihsan-al-atsary-ma/